BMC (Business Model Canvas)
Halo gess,
balik lagi nih sama yang punya blog ini hehehe, kali ini aku bakal ngebagiin ke
kalian tentang apa itu BMC atau Business Model Canvas, nah pasti temen-temen
banyak yang belum tau apa itu BMC, jadi langsung aja ya disimak. J
Menurut Wikipedia Business model itu adalah suatu model bisnis menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah
organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai -
baik itu ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya. Istilah model
bisnis, karena itu, dipakai untuk ruang lingkup luas dalam konteks formal dan
informal untuk menunjukkan aspek inti suatu bisnis, termasuk mencakup maksud
dan tujuan, apa-yang-ditawarkan, strategi, infrastruktur, struktur organisasi,
praktik-praktik niaga, serta kebijakan-kebijaan dan proses-proses operasional.
Sedangkan apa itu Business Model Canvas, Bisnis
model canvas merupakan sebuah tool dalam strategi manajemen untuk
menterjemahkan konsep, konsumen, infrastruktur maupun keuangan perusahaan dalam
bentuk elemen-elemen visual.
Konsep bisnis model canvas mengandalkan
gambar-gambar ide sehingga setiap orang memiliki pemahaman yang sama dan riil
terhadap tipe-tipe konsumen mereka, pengeluaran biaya, cara kerja perusahaan
dan sebagainya.
9 Building Blocks
- Customer Segments
Elemen
pertama yang harus Anda miliki dalam memulai bisnis model kanvas ini adalah menentukan
segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis.
- Value Proposition
Ini
adalah sekat yang merupakan keunggulan produk, apa saja sesungguhnya poin-poin
yang dapat mendatangkan manfaat yang ditawarkan perusahaan bagi customer
segment-nya.
- Channels
Melalui
penggunaan channels yang tepat, Anda baru bisa menyampaikan value propositions
kepada customer segments.
- Revenue Streams
Revenue
stream merupakan bagian yang paling vital, di mana organisasi memperoleh
pendapatan dari pelanggan. Elemen ini harus dikelola semaksimal mungkin untuk
meningkatkan pendapatan bisnis.
- Key Resource
Key
resource adalah sekat dalam bisnis model kanvas yang berisikan daftar sumber
daya yang sebaiknya direncanakan dan dimiliki perusahaan untuk mewujudkan value
proposition mereka.
- Customer Relationship
Ini
merupakan elemen di mana perusahaan menjalin ikatan dengan pelanggannya. Perlu
pengawasan yang ketat dan intensif agar pelanggan tidak mudah berpaling ke
bisnis yang lain hanya karena jalinan hubungan yang kurang baik.
- Key Activities
Key
activities adalah semua aktivitas yang berhubungan dengan produktivitas bisnis
yang berkaitan dengan sebuah produk, di mana kegiatan utamanya adalah
menghasilkan proposisi nilai.
- Key Partnership
Elemen
ini berfungsi untuk pengorganisasian aliran suatu barang atau layanan lainnya.
Posisi-posisi partner kunci tersebut bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas
dari key activites yang telah dibuat. Tak ada salahnya menjalin hubungan baik
untuk menciptakan siklus bisnis sesuai dengan ekspektasi.
- Key Partnership
Elemen
ini berfungsi untuk pengorganisasian aliran suatu barang atau layanan lainnya.
Posisi-posisi partner kunci tersebut bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas
dari key activites yang telah dibuat. Tak ada salahnya menjalin hubungan baik
untuk menciptakan siklus bisnis sesuai dengan ekspektasi.
Berikut
adalah contoh dari BMC itu sendiri :
Nah
itulah temen-temen penjelasan tentang BMC atau Business Model Canvas,sebenarnya
masih banyak sekali tentang BMC itu sendiri,tapi yang bisa aku jelaskan hanya
itu saja, kurang lebihnya mohon maaf ya, terima kasih temen-temen semua, Annyeong J
Komentar
Posting Komentar