Aspek Pemasaran Dalam Berwirausaha
Pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe),
menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen
(product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal
kosumen (promotion), mendistribusikan produk ketempat konsumen (place).Tujuan
pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan,
dan dibeli oleh konsumen. Menurut saya hal yang harus dilakukan ialah:
1.Rencana pemasaran (marketing plan)
Sebelum menyusun marketing plan maka wirausaha harus mengetahui seluk beluk atau konsep-konsep pemasaran dan segala informasi telah dikumpulkan, maka seorang wirausaha baru menulis marketing plannya.
Untuk menyusun marketing plan maka perlu dijawab tiga pertanyaan berikut:
Where have we been ?
Where do we wan to go?
How do we get there (Hisrich-Peters, 1905: 139)
Pertanyaan di atas perlu diidentifikasi dan dijawab dari mana kita berangkat? Untuk itu harus diperhatikan latar belakang perusahaan, kekuatan dan kelemahan perusahaan, bagaimana keadaan persaingan, serta bagaimana peluang dan kendala yang dihadapi.
2.Menyusun marketing plan
Format marketing plan tentu tidak sama pada semua perusahaan, karena kegiatan uasahanya berbeda. Akan tetapi, yang penting adalah core strategy-nya, marketing plan memuat hal-hal sebagai berikut:
Analisis situasi (S.W.O.T)
Tujuan pemasaran (marketing objectives)
Strategi inti (core strategy)
Jadwal pelaksanaan (action plan)
Anggaran pemasaran (marketing budget)
Kontrol (control)
3.Posisi Pasar dan Posisi Produk
• Posisi pasar ditujukan untuk mengarahkan konsumen sesuai dengan yang diharapkan.
• Penentuan posisi pasar terkait posisi produk
berdasarkan atribut (harga), kesempatan penggunaan (fungsi), kelas pengguna (dewasa atau anak-anak), langsung menghadapi pesaing (penantang pasar), kelas produk (ex.sabun kecantikan atau kesehatan)
4.Strategi Pemasaran
• Strategi Pemasaran adalah pendekatan unit bisnis untuk mencapai tujuan perusahaan atau mencakup keputusan pokok target pasar, penempatan produk, gabungan pemasaran, dan biaya yang di perlukan.
• Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terdiri dari strategi Product, Price, Place, and Promotion.
5.Price
Penentuan harga disesuaikan dengan tujuan perusahaan:
• Untuk bertahan hidup
• Untuk memaksimalkan laba
• Untuk memperbesar market share
• Pertimbangan mutu produk
• Karena pesaing
6.Promotion
Advertising
Personal Selling
Sales Promotion
Public Relation and Publicity
Direct Marketing
Promosi meliputi seluruh usaha penjualan dan periklanan dalam perencanaan pemasaran.
Komentar
Posting Komentar