WEBINAR SERIES PWI JAYA - NEW MEDIA PADA ERA PANDEMI NEW NORMAL


PWI JAYA
NEW MEDIA DAN JURNALISTIK PADA ERA PANDEMI NEW NORMAL




Tangerang - Pandemi Covid-19 menyebabkan dampak baik maupun buruk dalam kehidupan. Berefek terhadap kesehatan, kemanusiaan, sosial, dan ekonomi. Pemerintah sudah mengimbau masyarakat untuk bekerja, sekolah dan beribadah dari rumah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Semua hal yang biasa dilakukan tatap muka, sekarang bertransformasi dengan adanya work from home,learn from home dan juga pertemuan online yaitu system kerja baru di new normal ini, semuanya jadi melewati system daring, bahkan seminar pun menjadi webinar atau seminar online.

Sekarang semua pertemuan online,kerja online, sampai ke hiburan jadi membutuhkan wadah baru, yakni misalkan seperti social media seperti Facebook,Youtube,Instagram,Whatsapp dan aplikasi sosmed lainnya yang dapat mempermudah kita dalam menjalin komunikasi dan juga menggali informasi tanpa harus keluar rumah.

Di Webinar ini dapat dilihat perkembangan pesat yang telah dibuat oleh beberapa kepala besar dalam bidang social media,misal Instagram,Irmanto selaku Wakabid dari PWI JAYA memaparkan bahwa Instagram di Indonesia sendiri memiliki pengguna sebanyak 73,76 juta pengguna dan mayoritas pengguna nya itu adalah laki-laki.

betapa banyak pengguna baru di Instagram Indonesia yakni sebanyak 76,73 juta pengguna bukan seluruh dunia melainkan Indonesia saja “ternyata Instagram lebih diminati oleh laki-laki sekitar 52% dan yang paling mendominasi yaitu umur 18-25 tahun” ujar Irmanto.

Di webinar ini pun kita dapat melihat contoh media social lainnya yaitu Facebook. Dapat dilihat bahwa Facebook mendapati kenaikan pesat dalam pengguna baru tiap bulannya, bahkan tiap harinya Facebook dapat mengumpulkan lebih dari 100.000 pengguna baru.

Dapat kita lihat dari beberapa contoh media social tadi bahwa dilihat dari nominal yang tidak sedikit tersebut bahwa millenials lah atau kalangan muda lah yang kebanyakan menduduki peringkat tertinggi dalam dunia per Instagraman di Indonesia, bisa dilihat pula hampir di semua platform, millenials sangat kreatif dan aktif dalam menggunakan social media sebagai obat kesepian ataupun untuk menghibur dikala waktu senggang saat pandemi seperti ini.




Sekarang semua media massa terkalahkan dengan media sosial. Bahkan sampai tv swasta banyak yang mem (bungkus) beberapa program mereka. “media sosial telah mengambil semua pasar di media massa, dari selebgram dan juga youtuber yang lebih potensial dibandingkan acara di tv ,banyak sekali brand yang lebih memilih mengendorse artis Instagram dan juga Youtuber untuk memasarkan produk mereka, bahkan beberapa tv swasta menutup program mereka , karna pemasukan iklan pun sudah sedikit” kata Irmanto.

Mungkin itu yang dapat saya liput dan cermati dari webinar yang di selenggarakan oleh PWI JAYA pada tanggal 8 juli 2020, terima kasih banyak sudah membaca berita online ini, kurang lebihnya mohon maaf, sampai jumpa !!

Link rekaman webinar diatas via Facebook Page

Cari video tentang new media di era pandemi new normal !!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BMC (Business Model Canvas)

BUSINESS PLAN, Baca Ini Agar Kamu Ahli Dalam Merencanakan Bisnis!!

Manajemen Keuangan, Dijamin Bisa Bikin Bisnis Kamu Melonjak Tinggi !!!