BUSINESS PLAN, Baca Ini Agar Kamu Ahli Dalam Merencanakan Bisnis!!



Halo hai semuanya, gabosen kan yah liat blog aku ini hehehe, kali ini temen-temen, aku bakal ngasih penjelasan dikit nih tentang apa itu Business Plan dan teman-temannya itu. Penasaran kan? yuks kalo gitu langsung aja cekidot.

Business Plan

Pertama yang kita bakal bahas yaitu pengertian dari business plan itu sendiri. Secara umum, Business Plan atau Perencanaan Bisnis merupakan pernyataan formal yang berisi tujuan berdirinya sebuah bisnis, alasan mengapa pendiri bisnis tersebut yakin tujuan tersebut bisa dicapai dan juga strategi atau rencana apa yang akan dijalankan guna mencapai tujuan tersebut. Rencana bisnis juga bisa mengandung informasi mengenai latar belakang organisasi atau tim yang bertanggung jawab untuk memenuhi tujuan itu.

Nah ada juga nih pengertian menurut para ahli temen-temen

Hisrich dan Peters (1995:113)

Menurut Hisrich dan Peters, The business plan is a written document prepared by the entrepeneur that describe all the relevant external and internal elements involved in starting a new venture. It is often an integration of functional plans such as marketing, finance, manu­facturing and human resources.

Max Coulthard, Andrea Howell dan Geoff Clarke (1999:3)

Menurut Max Coulthard, Andrea Howell dan Geoff Clarke, Business plan is a detailed study of the organization’s activities, which highlights where the organization has been, where it is owe and where it might get to in the future, and incorporates an action program to achieve these results.

Megginson (2000)

Menurut Megginson, Business plan adalah suatu rencana tertulis yang memuat mini dan tujuan bisnis, cara kerja dan rincian keuangan/permodalan susunan para pemilik dan manajemen dan bagaimana cara mencapai tujuan bisnisnya.

Nah itu dia pengertian business plan baik secara umum, maupun menurut para ahli, okey kita lanjut ya temen-temen ke pembahasan selanjutnya yaitu manfaat dari business plan itu sendiri.

Ada beberapa manfaat business plan yang aku ketahui, yaitu :

1. Tujuan Bisnis Menjadi Lebih Jelas

Manfaat yang pertama ketika kamu merencanakan business plan adalah untuk merancang strategi dan rencana awal bisnis kamu.Sebuah bisnis yang baru akan dirintis dan sedang dirintis tentu saja akan sulit berkembang jika dijalankan tanpa sebuah perencanaan yang jelas. Bagaimana awal harus memulai bisnis, bagaimana bisnis ini akan berjalan nantinya serta bagaimana caranya agar bisnis ini tetap bertahan. Tentu hal itu harus kamu pikirkan matang dan terukur.

2. Prioritas Kamu Akan Lebih Masuk Akal

Di dalam membuat business plan kamu belajar untuk menentukan prioritas terhadap bisnis kamu. Prioritas itu mencakup pertumbuhan perusahaan, kesehatan keuangan dan manajemen bisnis. Menerapkan prioritas ini memang sepele namun sangat penting, karena jika kamu berfokus kepada prioritas yang sudah kamu tetapkan sejak awal maka bisnis kamu akan lebih cepat berkembang.

3. Business Plan Akan Meminimalisir Resiko Gagal

Dengan melakukan perencanaan tentu kamu sedang melakukan persiapan membangun dan menjalankan suatu bisnis dengan serius dan profesional. Saat membuat business plan, kamu menjadi tahu masalah apa yang akan kamu hadapi dan kamu bisa mempertimbangkan dampak dari setiap masalah tersebut serta mencari jalan keluar untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada.

4. Memprediksi Masa Depan

Dengan business plan yang matang kamu dapat memprediksi masa depan bisnismu. Tentu ketika kamu menyusun rencana bisnis, kamu akan membuat gambaran jangka pendek, menengah dan panjang bagi bisnis kamu. Meski hal ini bersifat subyektif, namun tidak menutup kemungkinan prediksi kamu dapat direalisasikan.
  
5. Mencari Sumber Dana

Dengan memiliki business plan yang detail, maka kamu dapat mengetahui informasi yang akurat yang berhubungan dengan permodalan usaha. Hal ini dapat kamu gunakan sebagai media untuk mendapatkan investor/penanam modal yang bersedia untuk membantu kamu di dalam pengembangan bisnis kamu.
Rancangan yang informatif dan detil akan membuat calon investor memiliki gambaran yang jelas akan usaha kamu. Terlebih jika kamu mampu meyakinkannya untuk bekerja sama dengan kamu.

Nah temen-temen, itu dia tadi beberaoa manfaat dari business plan, semoga bermanfaat yah. Oke kita lanjut ke Prinsip Business Plan.

Yang pertama, Perencanaan usaha harus dapat diterima oleh semua pihak. Yang kedua, Perencanaan usaha harus fleksibel dan realistis. Lalu, Perencanaan usaha harus mencakup seluruh aspek kegiatan usaha. Yang terakhir, Perencanaan usaha harus merumuskan cara-cara kerja usaha yang efektif dan efisien.

Itu tadi temen-temen prinsip business plan, tidak banyak memang tapi aku jamin sangat bermanfaat ko heheheJ

Oke temen-temen kita ke pembahasan terakhir ya, yaitu komponen atau format business plan.

1. Ulasan Deskripsi Bisnis

Disini anda harus menjelaskan secara singkat apa bidang usaha yang akan dijalankan. Tuliskan potensi produk anda saat ini dan kemungkinannya dimasa depan. Juga berikan informasi peluang pasarnya serta perkembangan produk untuk bisa bertahan dan menyesuaikan dengan pasar yang ada.

2. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang akan dijalankan haruslah merupakan hasil analisa pasar yang telah dilakukan dengan cermat. Analisa pasar adalah kekuatan yang harus anda gunakan untuk menciptakan target pembeli, anda harus memahami seluruh aspek yang berkaitan dengan pasar sehingga target penjualan dapat ditentukan (kemana produk anda akan dipasarkan).

3. Analisa Pesaing

Analisa Pesaing digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing anda dalam satu pasar yang sama. Setelah menemukan kekuatannya, kemudian mencari strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang berbeda dengan pesaing. Anda juga harus mencari strategi untuk menghalangi pesaing masuk dan meniru strategi yang sama dengan anda.
Demikian juga dengan kelemahan yang ditemukan, dapat dieksploitasi dengan mengembangkan produk yang lebih baik dari pesaing anda.

4. Rencana Desain dan Pengembangan

Rencana desain dan pengembangan dperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi dan penjualan. Ini berguna untuk membuat rencana anggaran biaya produksi yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Rencana Operasional dan Manajemen

Rencana operasional dan manajemen dibuat untuk menjelaskan bagaimana usaha akan berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional akan berfokus pada kebutuhan logistik perusahaan, misalnya bermacam tugas dan tanggung jawab tim manajemen, bagaimana prosedur penugasan antar divisi dalam perusahaan serta kebutuhan anggaran dan pengeluaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

6. Pembiayaan

Faktor pembiayaan menjadi unsur penting dalam sebuah rencana bisnis. Darimana sumber dana berasal, bagaimana mengatur anggaran agar efisien namun tetap dapat mengoperasikan seluruh divisi dalam perusahaan agar berjalan lancar.

7. Kesimpulan Usaha

Yang terakhir disusun adalah kesimpulan dari seluruh kerangka bisnis plan. Anda dapat menampilkan jadwal waktu tiap komponen diatas akan dilakukan, perkiraan waktunya dan hal-hal penting lainnya yang akan mendukung segala aktifitas dalam memulai usaha.
  
Oiya ini juga ada video sedikit tentang pembahasan business plan, di tonton ya temen-temen


Alright temen-temen semua, itu dia yang bisa aku bahas tentang business plan nih, masih banyak ko sebenernya pembahasan tentang business plan, tapi aku yakin temen-temen dengan baca blog aku ini aja udah paham ko dasar dari business plan itu. Semoga bermanfaat yah buat temen-temen yang mau dan memulai untuk membuak bisnis baru, Mungkin itu saja dari aku, kurang lebihnya mohon maaf. Annyeong, SUKSES YA!! J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BMC (Business Model Canvas)

Manajemen Keuangan, Dijamin Bisa Bikin Bisnis Kamu Melonjak Tinggi !!!