KISAH HIDUP SEORANG STEVE JOBS


STEVE JOBS



Steve Jobs merupakan seorang tokoh bisnis dan penemu asal Amerika Serikat. Steve Jobs adalah pendiri Apple Computer sekaligus juga penemu Apple Computer. Ini adalah perusahaan ternama dan terkemuka yang kemudian berkembang menjadi Apple Inc. Steve bersamaan dengan pendiri pendamping Apple Steve Wozniak, Mike Markkula dan lainnya telah merancang, mengembangkan dan juga memasarkan salah satu jajaran komputer pribadi pertamanya yang sukses secara komersial, yakni seri Apple II.

Steve Paul Jobs merupakan nama lengkap dari Steve Jobs. Ia lahir pada 24 Februari 1955 di California, Amerika Serikat. Steve Jobs yang kita kenal adalah pendiri Apple Computer. Dia adalah sosok hebat dengan karyanya yang sangat luar biasa dibidang teknologi. Pada saat dilahirkan Steve awalnya memiliki nama Abdul Lateef Jandali sampai pada akhirnya berubah saat diadopsi oleh Reinhold dan Clara Jobs. Pada saat Steve masih balita pasangan ini mengajaknya berpindah ke Santa Clara Country, lalu dikenal sebagai Silicon Valey, di sana juga mereka mengadopsi bayi perempuan yang bernama Patti.
Di tahun 1983, Steve Jobs menggaet Jhon Sculley dari perusahaan Pepsi Cola untuk memimpin Apple Computer. Di tahun tersebut, Apple mengenalkan produk terbarunya yakni Apple Lisa dengan teknologi yang lebih canggih dan tergolong sangat maju di waktu itu. Akan tetapi pada kenyataannya produk tersebut gagal di pasaran. Dan di tahun 1984, perusahaan Apple ini kembali mencoba mengenalkan produk komputer, yakni Macintosh. Ini adalah komputer pertama yang telah berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka berupa penggunaan grafis.
Steve Jobs dan Wozniak sudah berteman cukup lama. Steve sendiri mencoba membuat Wozniak tertarik untuk merakit komputer lalu menjualnya. Pada saat Apple terus meluas, perusahaan mulai cari eksekutif berpengalaman untuk bantu pengelolaan ekspansinya. Komputer pertama yang dikenalkan Steve Jobs dan Wozniak ini diberi nama sebagai Apple I, lalu di tahun 1977 mereka kembali kenalkan Apple II pada publik. Nah, sejak itulah penjualan Apple II berkembang cukup pesat. Dan di tahun 1980 pendiri Apple Computer sekaligus penemu Apple Computer kenalkan Apple III, akan tetapi perkembangannya tak sebaik saat kenalkan Apple II.
Hal yang bisa saya ambil dari kisah hidup seorang steve jobs adalah :

“I think the things you regret most in life are the things you didn’t do.” Kutipan di atas adalah kalimat yang mengubah saya dalam membuat pilihan besar dalam hidup. Dan kutipan tersebut merupakan salah satu dari banyak kutipan terkenal dari Steve Jobs dalam buku biografinya. Buku tersebut berjudul Steve Jobs: The Exclusive Biography (terbitan 24 Oktober 2011) yang berisi inspirasi dan drama yang menceritakan perjalanan Steve Jobs, dengan fokus pada proyek-proyek besar yang ia ikuti. Hal yang membuat saya terkesan pada Jobs adalah kemampuannya untuk fokus, mengabaikan semua gangguan dan mempertahankan perhatian yang intens pada detail. Jobs mengejar idenya tentang kesempurnaan dan akan menghilangkan semua hambatan yang menghalangi jalannya. Apakah itu hardware, software, ad campaigns dan Apple Store, perhatiannya pada detail akan selalu fokus. Seperti contoh kontrol dan kekuasaan atas semua aspek produk termasuk software, hardware dan orang-orang yang mengembangkan produk Apple.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BMC (Business Model Canvas)

BUSINESS PLAN, Baca Ini Agar Kamu Ahli Dalam Merencanakan Bisnis!!

Manajemen Keuangan, Dijamin Bisa Bikin Bisnis Kamu Melonjak Tinggi !!!