Bisnis Pribadi Yang Gue Banget, Pasti Sukses!!!
Halo
Semuanya, balik lagi sama aku nih hehehe, kali ini aku bakal berbagi salah satu
bisnis yang aku pilih dengan simple dan cepat laku. Langsung aja ya disimak
teman-teman!
Ide
bisnis satu ini muncul dari salah satu hobi aku yaitu koleksi baju clothing
line. Nah untuk itu sekarang aku lagi jual baju clothing an yang murah karena
produknya dari secondbranded yang aku jual kembali dengan harga dibawah pasaran
biasanya. Karena secondbranded jadi so pasti produksinya tetap menggunakan
bahan yang sama kayak aslinya cuma bedanyaaa yaa ga ada bedanya sih ini lebih
murah aja, hehehe. Jadi orang-orang, anak-anak muda seumuran aku bisa juga
tampil branded dan kekinian tapi dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang
sama.
Untuk
keuangannya simple banget, kalian tinggal ambil barang dengan harga grosir dan
kalian jual dengan harga eceran dibawah pasar. Contohnya nih pasaran harga asli
brandnya 350rb yaa kalian jualnya bisa 200an ribu gitu deh tau dong kalo harga
grosirnya yaa pasti biasanya setengah dari harga ecer. Sebenarnya ini sih yang
bikin orang tertarik lebih memilih secondbranded dibanding aslinya langsung
karena jujur harganya jauh banget kan tapi kualitas bahan tetap sama. Cuma,
hanya orang-orang tekun dan berjuang tinggi doang yang bakal bisa jalanin
bisnis ini karena barangnya so pasti ambil dari luar negeri.
Untuk Bussines Model Canvasnya itu
seperti ini:
1. Key Partners
Key
partnership adalah hubungan kemitraan yang dilakukan perusahaan kepada pihak
lain untuk menunjang aktivitas bisnis yang dilakukan. pemasar juga harus
melaksanakan manajemen hubungan kemitraan (partner relationship management)
yang baik pula .
Demi
kelancaran bisnis ku ini tentu akan bekerja sama dengan beberapa macam toko
untuk melaksanakan manajemen hubungan pelanggan yang baik, pemasar juga harus
melaksanakan manajemen hubungan kemitraan (partner relationship management)
yang baik pula, yaitu dengan :
- Toko Bahan
- Tukang Potong Bahan
- Tukang Sablon
- Tukang Jahit
- Layanan Kirim Barang
2. Key Activities
Aktivitas
kunci adalah segala aktivitas bisnis yang penting bagi perusahaan untuk
menggerakan usaha yang dijalankan demi mencapai tujuan perusahaan dimasa depan.
Maka
hal-hal yang perlu diperhatikan oleh aku dalam bisnis ini yaitu sebagai
berikut:
- Ambil Barang
- Marketing
- Distribusi
- Pengolahan Keuangannya
3. Key Resources
Key
resources merupakan blok bangunan sumber daya utama yang menggambarkan
aset-aset terpenting yang diperlukan agar sebuah model bisnis dapat berfungsi.
Sumber
daya utama dapat berbentuk aset fisik, intelektual, manusia. atau finansial
Aset
fisik meliputi :
Tenaga :
- Marketer
- Designer
- Purchasing
- Partner Relation
Alat :
- Smartphone
- Kuota (Internet)
- Pulsa,
- Dan Kendaraan
4. Customer
Relationship
Customer
Relationship adalah upaya yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan
mereka. Anda mungkin juga mengenalnya sebagai Customer Relationship Management
(CRM). Metode ini membahas bagaimana caranya untuk mempertahankan pelanggan
dengan meningkatkan kualitas hubungan antara perusahaan dengan pelanggan.
Hubungan
antara perusahaan dengan pelanggan sangat berpengaruh dalam meningkatkan
retensi pelanggan. Perusahaan yang menjaga hubungan baik dengan pelanggan akan
lebih mudah meningkatkan nilai retensi pelanggan. Pelanggan yang loyal bisa
membuat usaha Anda semakin berkembang dan revenue pun meningkat.
Maka
dari itu aku akan membuat pelanggan ku loyal dengan bisnis ku ini dengan
bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk memudahkan pelanggan untuk
membeli produk dari bisnis aku ini, beberapa perusahaan itu adalah :
- Shopee
- Bukalapak
- Tokopedia
- Lazada
- Media Sosial seperti Instagram juga bisa di akses pelanggan untuk membuka toko produk aku.
5. Customer
Segments
Customer
segment adalah kelompok target konsumen yang akan atau sedang kita bidik untuk
menjadi pelanggan kita. Nah disini aku mencamtumkan society yang dimana
masyarakat yaitu sekelompok orang dalam sebuah sistem semi tertutup atau semi
terbuka yang sebagian besar interaksinya adalah antara individu-individu yang
berada dalam kelompok tersebut. Hal yang
harus diperhatikan dalam segmentasi pelanggan adalah, kita harus benar2 bisa
mendefinisikan secara spesifik siapa segment target pelanggan kita. Segmen
target bisa dibedakan berdasarkan hal2 seperti:
- Kalangan Muda yang ingin terlihat kece
- Masyarakat yang ingin mengikuti tren
- Komunitas
6. Channels
Channel
ini menjelaskan tentang bagaimana perusahaan menjangkau konsumen dengan saluran
komunikasi, distribusi yang digunakan oleh perusahaan. Saluran komunikasi,
distribusi dan penjualan merupakan penghubung antara perusahaan dan pelanggan.
Saluran adalah titik sentuh pelanggan yang sangat berperan dalam setiap
kejadian yang mereka alami.
- Via Media Sosial
Instagram
:
Bahwa
dengan memanfaatkan fitur-fitur Instagram dan Youtube, toko ku ini bisa
mempromosikan agar para pengguna Instagram dan Youtube dapat ditarik
perhatiannya, dengan menunjukan hasil barang atau poduk aku, membuat konten
yang bermanfaat dan yang bisa mengundang perhatian para pengguna Instagram dan
Youtube, sehingga mereka dapat lebih mengetahui produk-produk aku ini. Dan juga
menata halaman profil dengan baik sehingga para pengguna Instagram dapat
memberikan opini yang positif.
7. Revenue Stream
Revenue
streams adalah blok bangunan arus pendapatan menggambarkan uang tunai yang
dihasilkan perusahaan dari masing-masing segmen pelanggan (biaya harus
mengurangi pendapatan untuk menghasilkan pemasukan)
- Pendapatan operasional (Operating Revenue)
- Pendapatan dari tiap project photoshoot
- Pendapatan non operasional (other revenue)
Pendapatan
yang diperoleh dari penjualan aktiva diluar barang dagangan atau hasil
produksi, seperti penghasilan dari equipments yang disewa oleh konsumen dan
ad-sense yang diperoleh dari membuat konten youtube.
8. Cost Structure
Cost
structure ini menjelaskan biaya terpenting yang muncul ketika mengoperasikan
model bisnis tertentu. Cost structure pada intinya menjelaskan tentang
biaya-biaya apa saja yang harus dikeluarkan untuk menjalankan kegiatan bisnis
yang dilakukan.
- Biaya Grosir Barang
- Biaya pengiriman
- Biaya Promosi
9. Value
Propotition
Proposisi
nilai adalah alasan yang membuat pelanggan beralih dari satu perusahan ke
perusahaan lain atau dari suatu produk ke produk lain.
Berikut
adalah value propotions dari bisnis aku ini, yaitu:
1. Harga yang diberikan murah dari
pesaing lain
Menawarkan
nilai yang sama pada harga yang lebih rendah sering dilakukan untuk memuaskan
kebutuhan segmen pelanggan yang sensitif terhadap harga. Akan tetapi, proposisi
nilai harga murah memberi implikasi penting bagi seluruh model bisnis.
2. Tampil kece dengan harga
terjangkau
Menampilkan
produk yang bisa terlhiat kece ketika dipakai dengan harga yang terjangaku yang
sesuai dengan kantong anak muda.
3. Kualitas Oke dan Respon Cepat
Kualitas
produk dari toko clothing aku ini bisa dijamin oke dan ngga kalah dari produk
branded yang harganya selangit, dan juga toko clothing aku ini bisa dipercaya
dengan fast responnya ketika di hubungi pelanggan dikala pelanggan ku inign
membeli lewat via online.
4. Bisa COD
Toko
aku ini juga punya kelebihan lagi, yaitu ada fitur COD atau Cash On Delivery.
Jadi pelanggan ku yang rumahnya terlalu jauh dan tidak bisa ke toko ku
langsung, selain online bisa juga diantar oleh kami dan bisa dibayar di rumah
masing-masing atau bertemu dengan kurir kami di suatu tempat untuk menerima
porduk aku.
Nah
temen-temen, gimana? Langsung bisa dicoba ya temen-temen bisnisnya, jangan lupa
cari kenalan atau koneksi yang sangat kalian percaya untuk distribusi barang secondbrandednya
temen-temen ya!
ini salah satu contoh proposal bisnis format PKM-K dapat temen-temen lihat dengan mengklik link di bawah ini :
Proposal Bisnis Clothing Line
ini salah satu contoh proposal bisnis format PKM-K dapat temen-temen lihat dengan mengklik link di bawah ini :
Proposal Bisnis Clothing Line
Demikianlah
pembahasan mengenai bisnis aku, Jika temen-temen punya pengalaman dengan jenis
usaha seperti aku atau punya tambahan ide lainnya, jangan sungkan untuk sharing
bagaimana cara aku agar bisnis yang akan ku bangun ini bisa sukses. Segitu dulu
ya temen-temen untuk materi kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih
temen-temen semua, AnnyeongJ
Komentar
Posting Komentar