Bisnis Pribadi Yang Gue Banget, Pasti Sukses!!!



Halo Semuanya, balik lagi sama aku nih hehehe, kali ini aku bakal berbagi salah satu bisnis yang aku pilih dengan simple dan cepat laku. Langsung aja ya disimak teman-teman!

Ide bisnis satu ini muncul dari salah satu hobi aku yaitu koleksi baju clothing line. Nah untuk itu sekarang aku lagi jual baju clothing an yang murah karena produknya dari secondbranded yang aku jual kembali dengan harga dibawah pasaran biasanya. Karena secondbranded jadi so pasti produksinya tetap menggunakan bahan yang sama kayak aslinya cuma bedanyaaa yaa ga ada bedanya sih ini lebih murah aja, hehehe. Jadi orang-orang, anak-anak muda seumuran aku bisa juga tampil branded dan kekinian tapi dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang sama.

Untuk keuangannya simple banget, kalian tinggal ambil barang dengan harga grosir dan kalian jual dengan harga eceran dibawah pasar. Contohnya nih pasaran harga asli brandnya 350rb yaa kalian jualnya bisa 200an ribu gitu deh tau dong kalo harga grosirnya yaa pasti biasanya setengah dari harga ecer. Sebenarnya ini sih yang bikin orang tertarik lebih memilih secondbranded dibanding aslinya langsung karena jujur harganya jauh banget kan tapi kualitas bahan tetap sama. Cuma, hanya orang-orang tekun dan berjuang tinggi doang yang bakal bisa jalanin bisnis ini karena barangnya so pasti ambil dari luar negeri.

Untuk Bussines Model Canvasnya itu seperti ini:

1. Key Partners

Key partnership adalah hubungan kemitraan yang dilakukan perusahaan kepada pihak lain untuk menunjang aktivitas bisnis yang dilakukan. pemasar juga harus melaksanakan manajemen hubungan kemitraan (partner relationship management) yang baik pula .

Demi kelancaran bisnis ku ini tentu akan bekerja sama dengan beberapa macam toko untuk melaksanakan manajemen hubungan pelanggan yang baik, pemasar juga harus melaksanakan manajemen hubungan kemitraan (partner relationship management) yang baik pula, yaitu dengan :
  • Toko Bahan
  • Tukang Potong Bahan
  • Tukang Sablon
  • Tukang Jahit
  • Layanan Kirim Barang
2. Key Activities

Aktivitas kunci adalah segala aktivitas bisnis yang penting bagi perusahaan untuk menggerakan usaha yang dijalankan demi mencapai tujuan perusahaan dimasa depan.
Maka hal-hal yang perlu diperhatikan oleh aku dalam bisnis ini yaitu sebagai berikut:
  • Ambil Barang
  • Marketing
  • Distribusi
  • Pengolahan Keuangannya

3. Key Resources

Key resources merupakan blok bangunan sumber daya utama yang menggambarkan aset-aset terpenting yang diperlukan agar sebuah model bisnis dapat berfungsi.
Sumber daya utama dapat berbentuk aset fisik, intelektual, manusia. atau finansial
Aset fisik meliputi :

Tenaga :
  1. Marketer
  2. Designer
  3. Purchasing
  4. Partner Relation

Alat :
  1. Smartphone
  2. Kuota (Internet)
  3. Pulsa,
  4. Dan Kendaraan

4. Customer Relationship

Customer Relationship adalah upaya yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan mereka. Anda mungkin juga mengenalnya sebagai Customer Relationship Management (CRM). Metode ini membahas bagaimana caranya untuk mempertahankan pelanggan dengan meningkatkan kualitas hubungan antara perusahaan dengan pelanggan.

Hubungan antara perusahaan dengan pelanggan sangat berpengaruh dalam meningkatkan retensi pelanggan. Perusahaan yang menjaga hubungan baik dengan pelanggan akan lebih mudah meningkatkan nilai retensi pelanggan. Pelanggan yang loyal bisa membuat usaha Anda semakin berkembang dan revenue pun meningkat.

Maka dari itu aku akan membuat pelanggan ku loyal dengan bisnis ku ini dengan bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk memudahkan pelanggan untuk membeli produk dari bisnis aku ini, beberapa perusahaan itu adalah :
  • Shopee
  • Bukalapak
  • Tokopedia
  • Lazada
  • Media Sosial seperti Instagram juga bisa di akses pelanggan untuk membuka toko produk aku.

5. Customer Segments

Customer segment adalah kelompok target konsumen yang akan atau sedang kita bidik untuk menjadi pelanggan kita. Nah disini aku mencamtumkan society yang dimana masyarakat yaitu sekelompok orang dalam sebuah sistem semi tertutup atau semi terbuka yang sebagian besar interaksinya adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.  Hal yang harus diperhatikan dalam segmentasi pelanggan adalah, kita harus benar2 bisa mendefinisikan secara spesifik siapa segment target pelanggan kita. Segmen target bisa dibedakan berdasarkan hal2 seperti:
  • Kalangan Muda yang ingin terlihat kece
  • Masyarakat yang ingin mengikuti tren
  • Komunitas

6. Channels

Channel ini menjelaskan tentang bagaimana perusahaan menjangkau konsumen dengan saluran komunikasi, distribusi yang digunakan oleh perusahaan. Saluran komunikasi, distribusi dan penjualan merupakan penghubung antara perusahaan dan pelanggan. Saluran adalah titik sentuh pelanggan yang sangat berperan dalam setiap kejadian yang mereka alami.
  • Via Media Sosial

Instagram :


Bahwa dengan memanfaatkan fitur-fitur Instagram dan Youtube, toko ku ini bisa mempromosikan agar para pengguna Instagram dan Youtube dapat ditarik perhatiannya, dengan menunjukan hasil barang atau poduk aku, membuat konten yang bermanfaat dan yang bisa mengundang perhatian para pengguna Instagram dan Youtube, sehingga mereka dapat lebih mengetahui produk-produk aku ini. Dan juga menata halaman profil dengan baik sehingga para pengguna Instagram dapat memberikan opini yang positif.

7. Revenue Stream

Revenue streams adalah blok bangunan arus pendapatan menggambarkan uang tunai yang dihasilkan perusahaan dari masing-masing segmen pelanggan (biaya harus mengurangi pendapatan untuk menghasilkan pemasukan)
  • Pendapatan operasional (Operating Revenue)
  • Pendapatan dari tiap project photoshoot
  • Pendapatan non operasional (other revenue)


Pendapatan yang diperoleh dari penjualan aktiva diluar barang dagangan atau hasil produksi, seperti penghasilan dari equipments yang disewa oleh konsumen dan ad-sense yang diperoleh dari membuat konten youtube.

8. Cost Structure

Cost structure ini menjelaskan biaya terpenting yang muncul ketika mengoperasikan model bisnis tertentu. Cost structure pada intinya menjelaskan tentang biaya-biaya apa saja yang harus dikeluarkan untuk menjalankan kegiatan bisnis yang dilakukan.
  • Biaya Grosir Barang
  • Biaya pengiriman
  • Biaya Promosi


9. Value Propotition

Proposisi nilai adalah alasan yang membuat pelanggan beralih dari satu perusahan ke perusahaan lain atau dari suatu produk ke produk lain.
Berikut adalah value propotions dari bisnis aku ini, yaitu:

1. Harga yang diberikan murah dari pesaing lain

Menawarkan nilai yang sama pada harga yang lebih rendah sering dilakukan untuk memuaskan kebutuhan segmen pelanggan yang sensitif terhadap harga. Akan tetapi, proposisi nilai harga murah memberi implikasi penting bagi seluruh model bisnis.

2. Tampil kece dengan harga terjangkau

Menampilkan produk yang bisa terlhiat kece ketika dipakai dengan harga yang terjangaku yang sesuai dengan kantong anak muda.

3. Kualitas Oke dan Respon Cepat

Kualitas produk dari toko clothing aku ini bisa dijamin oke dan ngga kalah dari produk branded yang harganya selangit, dan juga toko clothing aku ini bisa dipercaya dengan fast responnya ketika di hubungi pelanggan dikala pelanggan ku inign membeli lewat via online.

4. Bisa COD


Toko aku ini juga punya kelebihan lagi, yaitu ada fitur COD atau Cash On Delivery. Jadi pelanggan ku yang rumahnya terlalu jauh dan tidak bisa ke toko ku langsung, selain online bisa juga diantar oleh kami dan bisa dibayar di rumah masing-masing atau bertemu dengan kurir kami di suatu tempat untuk menerima porduk aku.



Nah temen-temen, gimana? Langsung bisa dicoba ya temen-temen bisnisnya, jangan lupa cari kenalan atau koneksi yang sangat kalian percaya untuk distribusi barang secondbrandednya temen-temen ya! 

ini salah satu contoh proposal bisnis format PKM-K dapat temen-temen lihat dengan mengklik link di bawah ini :

Proposal Bisnis Clothing Line

Demikianlah pembahasan mengenai bisnis aku, Jika temen-temen punya pengalaman dengan jenis usaha seperti aku atau punya tambahan ide lainnya, jangan sungkan untuk sharing bagaimana cara aku agar bisnis yang akan ku bangun ini bisa sukses. Segitu dulu ya temen-temen untuk materi kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih temen-temen semua, AnnyeongJ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BMC (Business Model Canvas)

BUSINESS PLAN, Baca Ini Agar Kamu Ahli Dalam Merencanakan Bisnis!!

Manajemen Keuangan, Dijamin Bisa Bikin Bisnis Kamu Melonjak Tinggi !!!