Manajemen Keuangan, Dijamin Bisa Bikin Bisnis Kamu Melonjak Tinggi !!!


Hai everybody, ga bosen kan ya sama yang punya blog ini, di kesempatan kali ini ni, aku bakal nyampeiin dan ngasih tau apa itu Manajemen Keunangan dan segala macem temenya itu laa hehehe, yaudah tanpa banyak basa basi langsung aja simak man teman J

Secara umum, Manajemen keuangan adalah topik yang penting dalam bisnis. Alasannya adalah bahwa perusahaan tidak dapat berfungsi tanpa menggunakan dan mengatur dana yang tepat. Bahkan mungkin mengalami pengembangang bisnis yang terhambat.
Definisi manajemen keuangan menurut para ahli yang dapat diterima adalah seperti :

1. S.C Kuchal

Mengatakan “Manajemen Keuangan berkaitan dengan pengadaan dana dan pemanfaatannya yang efektif dalam bisnis”.

2. Weston dan Brigh

Mengatakan bahwa manajemen keuangan adalah bidang pengambilan keputusan keuangan, menyelaraskan motif individu dan tujuan perusahaan.

3. Joshep dan Massie

Mengatakan bahwa manajemen keuangan adalah aktivitas operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk memperoleh dan memanfaatkan secara efektif dana yang diperlukan untuk operasi yang efisien

Nah temen”, tadi itu semua adalah definisi dari manajemen keuangan itu sendiri, baik secara umum maupun dari para ahli yang sangat gokil itu hehehe.

Sekarang kita bakal ngomongin soal apa itu sumber dana yaa temen”, langsung aja di simak;

Sumber dana merupakan investasi dana/modal yang diperlukan oleh pabrik/industri tersebut untuk membeli bahan² pabrik.

Sumber Dana dapat dibagi 2

1. Sumber Dana dari dalam perusahaan (internal source) adalah bentuk dana dimana pemenuhan kebutuhan dananya berasal dari dalam perusahaan tersebut.

2. Sumber Dana dari luar perusahaan (external source) adalah pemenuhan kebutuhan dana diambil atau berasal dari sumber sumber yang ada di luar perusahaan tersebut.

Next kita ke Penggunaan Dana ya man teman…. J

Hal yang pertama seorang wirausaha atau Direktur/Manajer keuangan harus dapat mengawasi
dan menentukan pengalokasian dana untuk berbagai kemungkinan penggunaan. Penggunaan sumber dana harus sesuai dengan rencana serta sasaran pokok usaha sehingga dapat memaksimalkan keuntungan bagi pemilik modal dan kontinuitas pengembalian pinjaman. Rencana dana harus ditetapkan terlebih dahulu dan ini merupakan bagian dari rencana usaha atau kelayakan usaha, dimana pengalokasian dana harus mengikuti prinsip pengelolaan keuangan yang telah ditetapkan dalam rencana tersebut.

Rencana penggunaan dana jangka pendek berupa; kas, surat berharga, piutang, dan persediaan termasuk dalam investasi aktiva lancar dan rencana penggunaan dana jangka panjang berupa; Tanah, gedung, pabrik dan peralatan termasuk dalam investasi aktiva tetap.

Terakhir nih, kita juga mesti tau apa itu cashflow atau aliran dana, Apa itu….?

Jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia, Cash Flow memiliki arti arus kas atau aliran kas. Cash flow memiliki peran vital dalam suatu operasional rutin pada perusahaan. Aliran kas ibarat darah pada tubuh manusia karena tidak ada satu pun bisnis yang tak lepas dari persoalan yang berkaitan dengan cash flow ini. Namun secara teori, aliran kas atau arus kas memiliki pengertian suatu laporan keuangan yang didalamnya berisi informasi mengenai pengaruh kas dari kegiatan operasi, transaksi investasi dan transaksi pembiayaan atau pendanaa serta kenaikan maupun penurunan bersih dalam kas suatu perusahaan selama periode tertentu.

Cashflow dapat terdiri dari :

- Hasil penjualan dari produk maupun jasa perusahaan

- Hasil dari penagihan piutang pada penjualan kredit

- Hasil penjualan aktiva tetap yang telah ditentukan

- Hasil penerimaan investasi dari pemilik maupun saham apabila perseroan terbatas

- Hasil pinjaman atau hutang dari pihak lain

- Hasil penerimaan pendapatan lain dan sewa

Suatu laporan cash flow memberikan suatu informasi yang saling berkaitan antara penerimaan dan pengeluaran dana kas pada suatu perusahaan saat periode tertentu dengan melakukan pengklasifikasian transaksi berdasarkan kegiatan operasi, pendanaan dan investasi.

Nah!! Itu semua tadi adalah serangakaian artikel tentang Manajemen Keuangan dan segala macem nya itu, gimana?semoga bisa bermanfaat bagi temen” semua yang baca artikel aku ini yah, kurang lebih nya mohon maaf, terima kasih man teman, Selamat Berbisnis!! Annyeong J


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BMC (Business Model Canvas)

BUSINESS PLAN, Baca Ini Agar Kamu Ahli Dalam Merencanakan Bisnis!!