Ingin Berhasil Dalam Ber Investasi ? Analisa Dulu Kelayakannya!!



Hello Everyone!! Balik lagi nih ke blog aku yang ga pernah banyak pembaca nya heheheJ nahh temen-temen, kali ini aku bakal ngasih tau ke temen-temen semua mengenai Analisa Kelayakan Bisnis/Investasi. Nah pasti temen-temen bingung kan apa itu, makanya disini aku mau ngulas semua itu sampe ke akar”nya deh kalo perlu, hahahaJ Langsung aja ya di simak gays!!

Dimulai dari definisi nih, apa sih analisa kelayakan bisnis/investasi itu sendiri?

Secara umum, Analisa kelayakan bisnis adalah suatu kegiatan yang dijalankan dengan tujuan untuk mempelajari secara mendalam tentang bisnis atau usaha yang akan dijalankan dari berbagai aspek dalam rangka menentukan suatu bisnis potensial atau tidak untuk dijalankan kedepannya. Nah dari penjelasan tersebut lo udah tahu kan dengan perencanaan bisnis yang matang akan memberikan rasa percaya diri dan juga bisa menentukan bisnis lo berhasil atau tidak dimasa yang akan datang.

Nah menurut seorang ahli yang bernama Kahfi dan Jakfar, ada beberapa tujuan melakukan analisa ini, yaitu:

- Mengurangi resiko terjadinya kerugian
- Memudahkan perencanaan kedepannya
- Memudahkan dalam pelaksanaan kerja
- Memudahkan dalam pengawasan bisnis
- Memudahkan dalam pengendalian bisnis

Nah itu temen-temen definisi dari analisa kelayakan bisnis/investasi. Setelah itu, kalian harus tau juga nih apa aja kriteria investasi yang digadang-gadang bisa mendukung penuh keyakinan dalam bisnis kalian. Langsung aja masuk ke pembahasan kriteria metode analisanya.

Yang pertama ada analisa metode penilaian investasi payback periode yaitu sebuah metode untuk mengetahui kapan waktu kembalinya dana investasi yang telah dikeluarkan. Payback period mengukur lamanya dana investasi yang dikeluarkan perusahaan akan kembali seluruhnya seperti awal mula.

Kedua, benefit cost ratio yang merupakan sebuah perbandingan antara semua nilai benefit terhadap semua nilai pengorbanan atau biaya. Secara matematis, dapat dituliskan melalui persamaan sebagai berikut:

BCR = (Present Value dari Manfaat/Present Value dari Pengorbanan atau biaya).

Ketiga, ada NPV yaitu metode penilaian investasi Net Present Value adalah selisih antara nilai sekarang dari investasi dengan nilai sekarang dari penerimaan uang kas bersih dimasa mendatang. Dalam perhitungan net present value diperlukan data-data mengenai perkiaraan biaya operasi dan pemeliharaan, biaya investasi dan prakiraan keuntungan dari investasi yang sedang direncanakan. FYI perhitungan NPV ini sangat penting buat menentukan apakah kita terima proyek bisnis tersebut atau tidak.

Selanjutnya atau yang terakhir ada analisa metode penilaian Internal Rate of Return (IRR) yaitu metode analisa investasi dengan menghitung tingkat suku bunga yang menyamakan present value (nilai sekarang) investasi saat ini dengan present value dari penerimaan arus kas dimasa yang akan datang.

Nah temen-temen, gimana udah mulai paham kan? walaupun agak pusing tapi gapapa yah namanya juga belajar wajar itu hehehe. Supaya lebih paham lagi, aku kasih salah satu contoh mengenai kasus dan perhitungan penilaian investasi dengan BCR dan NPV.. Simak ya temen-temen!!

"Sebuah perusahaan ingin merenovasi bangunan apartemen yang mereka miliki dengan profit tahunan yang mereka harapkan sebesar $100.000 selama tiga tahun ke depan. Saat ini mereka mengeluarkan dana $50.000 untuk menyewa peralatan. Jika tingkat inflasi adalah 2% maka apakah gedung tersebut layak untuk direnovasi?"

Penyelesaian :

Pertama kita perhitungkan dulu nilai Present Value sebagai berikut :
= ($100,000 / (1 + 0.02)^1) + ($100,000 / (1 + 0.02)^2) + ($100,00 / (1 + 0.02)^3)
= $288,388
Sedangkan BCR = $288,388/$50,000
= 5,77

Karena nilai BCR memiliki angka 5,77 yang nilainya lebih besar dari 1 maka kegiatan perusahaan untuk merenovasi apartemen dianggap dapat memberikan keuntungan di masa yang akan datang sehingga proyek ini layak untuk dijalankan.

Untuk penilaian NPV lebih jelasnya lagi temen-temen bisa lihat video aku yang satu ini biar makin paham yaa..



Nah gimana udah paham kan sekarang? Kalo gitu jangan sampai tidak diaplikasikan yaa supaya bisnis kalian gak sia-sia jalannya.. jadi segitu aja yah yang bisa aku bagiin ke temen-temen semua,semoga bermanfaat, sukes ya!! AnnyeongJ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BMC (Business Model Canvas)

BUSINESS PLAN, Baca Ini Agar Kamu Ahli Dalam Merencanakan Bisnis!!

Manajemen Keuangan, Dijamin Bisa Bikin Bisnis Kamu Melonjak Tinggi !!!